Jumat, 20 Maret 2009

Setting Email Ke Server Exchange Di iPhone 3G

Beberapa hari menjelang launching iPhone 3G oleh Telkomsel...

Ada seorang rekan di kantor saya berhasil memiliki iPhone EDGE. Sehari-hari, beliau memang menangani setting dan jaringan, termasuk juga setting koneksi BlackBerry ke Exchange kantor.

Tadi siang, di sebuah selasar salah satu sudut kantor, beliau langsung menodong saya untuk bantu setting agar iPhone EDGE nya bisa menjadi email client domain kantor. Seingat saya, gak ada hambatan ketika saya melakukan setting di iPhone 3G saya untuk bisa connect ke Exchange.

Mulai dengan memilih icon Setting > Mail, Contact, Calendar > add account...

Pilih Exchange Server. Masukkan parameter yg diminta. Kunci keberhasilan setting account email ini adalah sedikit pengetahuan account Anda dan paling tidak pernah berhasil login dan membaca email di Microsoft Outlook Web Access (OWA). Asumsi untuk contoh setting ini adalah:
Alamat OWA: https://owa.company.com/exchange
User: my_domain\userme
Passwd: 123456789!

Alamat email adalah email address yg terlihat oleh recipient bila kita mengirim email.

Domain adalah potongan data yang biasanya digunaka untuk login di OWA. Pada contoh ini, isi domain dengan: my_domain

Username: masukkan tanpa my_domain. Jadi cukup masukkan userme

Password masukkan seperti biasa. Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Next di pojok kanan atas. Tunggu sebentar, iPhone akan menambahkan satu field baru: Server. Isi field ini dengan owa.company.com

Tunggu beberapa saat hingga status menyatakan account is verified. Selamat! Sekarang iPhone Anda telah menjadi Exchange client layaknya "Outlook".

Tapi, hati-hati dengan setting Synchronized. Bila Anda memilih untuk Sync Contacts dan Calendars, maka Contacts dan Calendars di iPhone Anda akan dihapus dan akan dioverride dengan contacts dan calendars di Exchange Server.

Tenang saja, bila Anda butuh contact yg ada di Exchange, secara otomatis ketika Anda memulai mengetik satu huruf, iPhone Anda akan langsung lookup ke Exchange dengan protocol Active Sync. Makanya, fast connection dibutuhkan di sini. Artinya, tinggalkan operator 3G GSM Anda bila claim 3G tapi kecepatannya gak lebih dari dial up.

Selamat beremail ria!


Posted with LifeCast


0 komentar: