Senin, 13 April 2009

Setting server AIX agar kenal host yang lain

Heran,

hari gini kok masih juga diminta menghapal IP Address server sih. Bukannya udah ada tugasnya si DNS Server tuh yang memetakan antara nama server menjadi IP Address servernya?

Alasannya simple: "DNS Servernya kan windows, AIX box gw gak bisa mbaca DNS dari Windows."

Doh! *facepalm*

Gini nih kalo keterbatasan ilmu, yang disalahin teknologinya.

Teman, kalo mau nyetting agar AIX box punya sampeyan bisa mengerti nama-nama server ato komputer laen di jaringan yang ada DNS Servernya, ya bukan berarti lu utak-atik file /etc/hosts dan lu isi satu-satu. Bisa modar sampeyan. Belum lagi kalo IP Address dari nama server itu berubah.

Memang, salah satu cara untuk membuat si AIX box mu biar bisa menerjemahkan hostname jadi IP Address, daftarkan di /etc/hosts dengan format ini.


[IPAddress] [HostName] [Alias]......
10.11.12.13 server1.company.com server1
10.11.12.14 server2.company.com server2 serverdb
10.11.12.15 server3 server3.company.com serverapp



Ada cara lain agar AIX box mu bisa secara otomatis kenalan dengan server lain yang sudah terdaftar di DNS Server. Silakan utak-atik file /etc/resolv.conf


nameserver 10.11.12.2
domain company.com



kalo gak tau nilai apa yang diisi di sini, lihat di server Windows deh... ketik perintah "ipconfig /all" dan lihat IP Address DNS Server dan DNS suffixnya. IP Address DNS Server masukkan file /etc/resolv.conf sebagai value untuk nameserver, dan DNS Suffixnya masukkan sebagai domain.

Jangan lupa file /etc/resolv.conf ini disimpan, dan test dengan ping nama server yang udah diketahui IP addressnya..

Bereskan? Gitu aja kok masih bilang Server Windows lebih mudah dimanage :P Kalo masih belom tau gimana cara kerjanya DNS ya silakan liat di sini deh

~a tribute to a friend who claims WinBox is better than anyother server~

0 komentar: