Rabu, 18 Maret 2009

Firefox yang dituduh sebagai Mobile Device

Beberapa minggu yang lalu, saya sempat menginstal beberapa FireFox Add-On untuk bereksperimen. Yang pertama adalah User Agent Switcher 0.6.11. Add-On ini berguna untuk mengganti HTTPHeader "User-Agent:" menjadi apapun yang diinginkan. Daftar beberapa User-Agent yang pernah saya identifikasi ada di sini. AddOn kedua, Modify Header untuk bereksperiment dengan header-header yang perlu saya customized sendiri. Ketiga, wmlbrowser untuk mengemulasi halaman WAP.

Nah, dari ketiga ini hasil eksperimen sudah sesuai dengan harapan. Meski semua sudah dikembalikan ke setting awal, masih saja beberapa situs menganggap saya mengunjunginya sebagai mobile device. Contohnya, mail.yahoo.com dan macworld.com.

Meski User-agent sudah dikembalikan ke default FireFox dan Header juga sudah dimatikan., tetap saja FireFox saya menamplikan WAP page situs tersebut. Setelah diintip apa yang dikirimkan oleh browser saya, ternyata FireFox mengirimkan ini:

Accept: text/html,application/xhtml+xml,application/xml;q=0.9,*/*;
q=0.8,text/vnd.wap.wml;q=0.6

okeh. Penyebabnya sudah jelas. Sang WebServer merasa yang mengunjunginya adalah mobile device karena FireFox saya memberikan keterangan bahwa dia mengerti WAP WML. Dengan mematikan opsi "Tell web sites that browser understands WML content", maka Yahoo!mail dan MacWorld.com pun menampilkan WebPage seperti biasa yang dikonsumsi oleh FireFox.

Piyuh.. ada-ada aja..

0 komentar: