Jumat, 12 September 2008

Bencana Upgrade firmware N73

Okeh.

Mumpung lagi gak ada kerjaan (*yang berarti dan berat *), lagi iseng untuk mengupgrade semua firmware gadget. N95 classic sudah berhasil di upgrade. Hasilnya: bisa membuat Video menjadi Ringtone. Kerren! :) hehehe...

Berharap N73 punya Istri juga bisa menjalankan Video sebagai ringtone, maka ritual update pun di jalankan. Seperti biasa, menggunakan Nokia Software Updater versi yang baru saja di download untuk mengupdate N95.

Setelah mendownload 117MB firmware N73 v4.0812.4.0.1, langkah selanjutnya adalah membiarkan NSU melakukan update. Ditunggu. Ditunggu. Menanti.

Lho, kok sudah satu jam lebih proses upgradenya tidak kunjung selesai? Layar N73 tetap hitam, dan status di NSU tetap tertera: "Updating firmware".

Hmm...

Ada yang salah kah?

Browse sana-sini, banyak yang menganjurkan untuk mencabut kabel USB dari N73, kemudian lakukan proses updating ulang. Memang, NSU langsung mendeteksi bahwa ada update N73 firmware yang belum selesai, sehingga bisa langsung dilanjutkan tanpa melakukan proses download lagi. Tapi, meskipun dilakukan berkali-kali, N73 tetap saja hitam kelam, tidak memberikan response apapun.

Forum yang lain juga mengusulkan untuk melakukan startup dalam recovery mode dengan menggunakan "3 Finger Deep Reset" yaitu menggunakan tombol [*], [3], [GREEN/YES/CALL BUTTON] dan tombol [Power]. Mau dilakukan berkali-kali juga hasilnya tetap sama, tetap hitam kelam :(

Langkah terakhir: Mengunjungi NCC di Grand Indonesia.
Solusi yang ditawarkan: Re-Flash ulang firmwarenya dengan yang ada dengan konsekuensi hilang semua data di internal memory. Sialnya, mereka masih menggunakan firmware 3.xxxx.x.x.x. Padahal tujuannya saya melakukan upgrade agar pindah ke firmware versi 4 atau yang lebih baru. Yasudah, ketimbang tidak bisa hidup sama sekali.

Untungnya, semua jenis data di internal memory sudah dibackup. Jadi tidak masalah mau di flash atau tidak oleh NCC.

Yang membuat heran, orang-orang di NCC Grand Indonesia malah menyalahkan saya karena melakukan proses update menggunakan NSU. Lah, Nokia Indonesia sendiri menyediakan CD installer PC Suites yang termasuk di dalamnya NSU untuk melakukan update. Kenapa NCC di sini malah menyalahkan orang yang menggunakan NSUnya? Kalaupun NSU tidak di approved oleh NCC, kenapa Nokia Indonesia menyertakan NSU di dalam CD installernya? Heran!

NCC menjanjikan 2 minggu maksimal waktu yang dipergunakan untuk melakukan flashing ulang. Mari ditunggu hasilnya...

0 komentar: