Senin, 23 Agustus 2010

Menginstal Oracle Client 10g di Windows 7

Jika Anda sering berkutat dengan aplikasi dari Oracle, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Oracle Universal Installer. Tulisan ini membahas bagaimana cara mengatasi Oracle Universal Installer yang tidak mau mengabaikan pemeriksaan sistem minimal.

Oracle Universal Installer (OUI) dirancang oleh Oracle untuk melakukan pemeriksaan sistem yang akan menggunakan produknya. Pemeriksaan mulai dari folder temporary untuk menampung file sementara ketika proses installasi, memeriksa minimal RAM yang terinstall dan yang menjadi pokok permasalahan di tulisan ini adalah: Sistem Operasi.
Produk kali ini yang akan saya Install adalah Oracle Client 10g versi 10.2.0.3 di Sistem Operasi Windows 7 Enterprise 32-bit. File yang saya gunakan adalah file yang sama ketika saya menginstall Oracle Client di Windows Vista Enterprise. Tapi kali ini error yang terjadi adalah seperti gambar di bawah ini:

Tampaknya installer kali ini hanya maksimal mendukung Windows Vista, tapi belum Windows 7. Seperti layaknya "prosedur" pengabaian pemeriksaan, cukup eksekusi installer dengan command line seperti di bawah ini

drive:> setup.exe -ignoreSysPrereqs
di berbagai platform, penggunaan parameter ignoreSysPrereqs biasanya mengabaikan semua pemeriksaan yang ada, tapi tidak dengan instalasi kali ini. Hasilnya masih tetap sama karena pada command prompt tersebut Installer mengabaikan permintaan untuk mengabaikan pemeriksaan.


Selidik punya selidik, ternyata installer tetap tidak dapat mengabaikan pemeriksaan. Hasil dari googling, didapat komentar untuk menambahkan OS yang digunakan. File yang dimaksud di forum tersebut adalah:

[FolderInstallasi]\client\Disk1\stage\prereq\client\refhost.xml

Cari bagian seperti ini:


Lalu tambahkan 6.1 di sana.

Hasilnya?


Selamat menginstal!
















0 komentar: